Apakah Boleh Berhubungan Saat Proses Bayi Tabung ???

berhubungan saat proses bayi tabungApakah Boleh Berhubungan Saat Proses Bayi Tabung ??? Bagi pasangan yang ingin cepat memiliki momongan, program bayi tabung atau IVF (in vitro fertilization) bisa jadi salah satu alternatif. Dari sekian banyak pertanyaan yang muncul tentang proses IVF, ada satu hal yang mungkin masih membingungkan banyak orang, yaitu berhubungan seks saat program ini dilakukan. Jadi sebenarnya, selama program bayi tabung dilakukan, bolehkah berhubungan seks?

Sebaiknya tidak berhubungan seks dulu selama program bayi tabung

Para dokter yang menangani program bayi tabung menganjurkan pasangan untuk tidak berhubungan seks sebelum, sesudah, maupun selama IVF berlangsung. Hal ini sebaiknya dilakukan pasangan karena, ditakutkan akan adanya kehamilan ganda pada wanita yang sedang menjalani program bayi tabung.

Pasalnya, ada sebuah kasus dari pasangan di California yang menjalani program bayi tabung mengalami hamil ganda setelah berhasil hamil lewat IVF dan pembuahan alami normal, yakni berhubungan seks.

Pasangan tersebut mendapatkan kehamilan pertamanya 5 hari sebelum pengambilan sel telur wanita pada IVF yang mereka jalani. Pada hasil program bayi tabung, kedua embrio sukses ditempelkan di dinding rahim.

Sedangkan embrio yang terbentuk dari hubungan seks pasangan 5 hari sebelum proses IVF, telah membelah diri menjadi dua. Embrio yang terbelah menjadi dua ini menjadi calon janin kembar identik.

Pasangan ini diduga mengalami kehamilan ganda dari tes uji genetika yang menyatakan bahwa embrio yang membelah diri itu adalah embrio hasil pembuahan alami (hubungan seks). Bahkan terbelahnya embrio hasil pembuahan alami ini terjadi sebelum para dokter menempelkan embrio hasil bayi tabung ke dinding rahim wanita tersebut.

Apa yang menyebabkan kehamilan ganda pada pasangan IVF?

Dr Amin Milki, dari Department of Gynaecology and Obstetrics di Stanford University mengatakan bahwa kehamilan ganda ini sangat mungkinterjadi pada tiap pasangan yang menjalani IVF dan yang berhubungan seks juga dalam waktu bersamaan.

Terlebih lagi, kehamilan ganda lebih mungkin terjadi pada pasangan yang tidak memiliki masalah pada sperma dan sel telurnya.

Ketika awal program IVF dilakukan, dokter juga akan memberikan serangkaian obat kesuburan untuk wanita. Obat ini diberikan untuk merangsang indung telur supaya menghasilkan lebih banyak sel telur.

Maka itu, jika Anda dan pasangan melakukan hubungan seks ketika menjalani program, besar kemungkinan kehamilan ganda akan terjadi. Kehamilan lebih dari dua janin dapat  meningkatkan risiko kelahiran prematur dan risiko berbahaya lainnya pada ibu serta bayi.

Risiko apa lagi yang terjadi bila berhubungan seks sewaktu menjalani IVF?

Faktanya, banyak wanita yang menjalani program IVF melaporkan bahwa gairah seksual menurun selama IVF berlangsung. Wanita yang sedang menjalani program bayi tabung juga cenderung sulit untuk mencapai orgasme dan merasakan lebih banyak rasa nyeri dan kondisi vagina kering pada saat itu. Hal berikut ini bisa memicu stres pada pasangan wanita dan bisa berdampak buruk pada program bayi tabung yang sedang dijalani.

Jika Anda dan pasangan memang ingin berhubungan seks sewaktu menjalani program bayi tabung, silakan gunakan kondom untuk mencegah kehamilan ganda dan pelumas untuk kenyamanan akibat vagina yang kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *