Cara Cepat Berhenti Merokok Permanen Bagi Remaja

cara cepat berhenti merokok permanenCara Cepat Berhenti Merokok Permanen Bagi Remaja, Anda mungkin sudah sangat familiar dengan slogan “merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan serta janin”. Peringatan ini tentu tidak hanya berlaku pada orang dewasa saja. Risiko kesehatan ini juga dapat menghampiri anak yang merokok. Tidak ada perbedaan risiko komplikasi antara perokok anak dan perokok dewasa.

Perokok yang mulai dari kecil maupun yang baru mulai saat lebih dewasa sama-sama berisiko terhadap penyakit jantung, saluran pernapasan, kanker, dan diabetes. Salah satu penyakit yang paling banyak ditimbulkan akibat kebiasaan merokok adalah kanker paru. Namun, hampir semua jenis kanker dapat disebabkan oleh rokok.

“Apa pun itu (komplikasi penyakit akibat merokok), risikonya akan tetap sama (di segala usia)”, ungkap dr. Sandra. Meski begitu, ia melanjutkan bahwa semakin kecil usia (seseorang) saat mulai merokok, maka akan semakin banyak dan lama jangka waktu paparannya terhadap racun rokok. Maka, kemungkinan anak untuk terkena penyakit akibat rokok akan terjadi semakin cepat daripada yang baru mulai merokok saat sudah dewasa. Pada dasarnya, anak dan remaja yang merokok memiliki status kesehatan yang lebih buruk dibandingkan dengan yang tidak merokok.

Selain risiko penyakit kronis, kebiasaan merokok sejak kecil lambat laun juga bisa mengganggu kesehatan gigi dan mulut. Perokok yang mulai sejak usia anak-anak akan lebih cepat dan lebih banyak mengalami karang gigi, serta infeksi gusi dan mulut. Anak merokok juga dapat menimbulkan masalah pada otot dan tulang, yang akan menimbulkan banyak masalah pada usia tuanya nanti.

Berhenti merokok memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin. Dr. Sandra menegaskan bahwa peran diri sendiri dan orang di sekitar bisa membantu Anda untuk berhenti merokok.

Mulai dari niat dalam diri sendiri untuk berhenti merokok

Meski terdengar klise, niat dan tekad untuk berhenti merokok harus datang dari diri sendiri. Katakan pada diri Anda sendiri untuk berhenti merokok dan komitmen dengan kalimat itu.

Anda bisa mulai perlahan dengan mengurangi sedikit demi sedikit jumlah batang rokok yang biasanya Anda habiskan. Jika Anda merasa ingin merokok, Anda bisa menggantinya dengan mengunyah permen karet atau makan kuaci.

Di awal rencana berhenti merokok, mantapkan hati untuk menjauh dari orang-orang yang sering merokok. Ini merupakan strategi berhenti merokok yang paling sederhana dan efektif untuk menurunkan hasrat Anda untuk balik merokok lagi. Bergabunglah bersama teman yang tidak merokok daripada pergi bersama perokok lainnya. Pasalnya jika Anda tetap dikelilingi oleh perokok, tekad bisa goyah sewaktu-waktu dan semakin sulit bagi Anda untuk mulai berhenti.

Jangan lupa untuk terus sibukkan diri dengan beragam kegiatan yang bisa membatalkan niat Anda untuk merokok. Misalnya dengan ikut ekskul di sekolah atau klub olahraga sepulang sekolah.

Peran orangtua dan lingkungan sekitar juga penting

Sebagai orang tua, Anda adalah pengaruh yang kuat dalam kehidupan anak-anak dan remaja. Maka, Anda juga harus mencontohkan bahwa rokok benar-benar tidak boleh dilakukan oleh siapa pun. Tanyakan apa yang memotivasi dirinya untuk merokok dan beri pengertian sejelas-jelasnya perihal efek buruk dari merokok pada kesehatan tubuhnya. Berikan gambaran juga tentang penyakit yang disebabkan oleh rokok. Jangan hanya melarang anak untuk merokok, tanpa memberi informasi yang sejelas-jelasnya,

Selain itu, dr. Sandra mengungkapkan bahwa harus ada desakan dari luar yang membuat anak-anak dan remaja mau berbuat sesuatu untuk berhenti merokok. Misalnya dengan membuat aturan-aturan ketat yang membuat anak tidak memiliki ruang atau kesempatan untuk merokok. Misalnya, membuat perjanjian dengan anak untuk menentukan satu tanggal pasti di mana mereka harus mulai berhenti merokok. Setelahnya berlakukan aturan tidak boleh ada rokok dan asap rokok yang masuk ke dalam rumah. Berlakukan aturan ini merata untuk semua anggota keluarga maupun tamu yang datang ke rumah.

Anda juga bisa memberi penghargaan pada anak bila mereka mampu berhenti merokok, yang membuatnya lebih termotivasi untuk berhenti total.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *